Skip to main content

Begitu Saja, Biar Lengkap, Kita Mati.

Begitu Saja, Biar Lengkap, Kita Mati.
Diteruskan dari: Febby Makoma Pigome
_________________
Pada musim semi di tahun yang indah itu, aku berada di Meriam. Kebun-kebun penuh bunga brokoli dan ibu papuani diselimuti permadani rumput hijau seperti rahasia bumi yang dipelihatkan kepada surga.

Pohon-pohon jeruk
dan mangga tampak seperti pengantin perempuan dengan gaun-gaun putih-kuning dan bunga semerbak yang dikirim alam untuk memberi ilham para penyair dan membangkitkan daya khyal.

Musim semi indah dimana-mana, tapi lebih indah di pulau Teluk Cendrawasih. Ia adlah semangat yang berkeliaran di keliling bumi, tetapi mondar-mandir di atas pulau Teluk Cendrawasih, berpapasan dengan orang2 sang pegiat pendiam, menyanyikan kidung beranjang bersama sungai-sungai ; mengulang kembali tebaran suci pulau Teluk terhadap ingatan kejayaan dan kemegahan masa silam.

Meriam bebas
dari lumpur musim dingin dan debu pada musim semi, seperti pramugari yang duduk di tepi sungai menghangatkan kulit lembutnya pada terpaan cahaya mentari.

Suatu hari ketika matahari jatuh di tengah tebaran malam, diciptakan sebuah pagi yang cahaya mentarinya cerah dan bersinar membumi, aku mengujungi seorang sahabat yang tinggalnya cukup jauh dari keramaian kota.

Aku mengajukan
pertanyaan yang sama. Konon di kala, dua tiga tahun yang lalu pun, argumen-argumen yang pernah, dan tak sempat mengulas, dari sudut pandang mana pun itu. Tumpang tindi. Meninggi bergunung, diandainya kini.

Pada beberapa bulan lalu pun aku pernah ajukan. Walau saja aku tau, akan bertambah. Kini aku ajukan pula. Engkau diam.

Seketika itu pula
aku melihat sebuah sungai tenang tanpa sedikit gemercik sekali pun. Memang orang2 Belitung dibentuk seperti itu. Melindungi segala porandak, namanya. Walau pun inginku, kita memulai. Sebagaimana kita adlah sepulau. Dan aku tak lebih, hanya saja kita berdiskusi. Sekecil itu saja.

Di sana, di Meriam
aku menemukan tak dilayani selayak mungkin, tidak suguhkan sarapan pagi, sebagaimana aku adlah tamu. Tamu yang jika boleh, dapat dihormati. Tamu dari beda kampung rahim. Aku di dilahir dari kota, dan engkau dilahirkan ibunya dari kampung. Lengkap. Dan hal sesimpel, soal menghormati orang yang baru datang saja, hendak dilalukan serupa itu.

Apa lagi
mewarisi budayanya. Soal mengajarkan seluk beluk dirinya. Pradigma bangsanya. Atau sebatas penting menuakan anak sulung yang patut digantikan sebagai sang dikau-nya. Tapi itu sulit. Itu memang persoalan jauh lebih rumit bagi manusia seperti dikau, melankolisme.

Engkau tak mau, aku diam. Engkau diam. Kita diam. Begitu saja, biar lengkap, kita mati!
_____
Jogja, | 6 Mei 2019.
Sumber:
Akun Facebook Febby Makoma Pigome.

Comments

Popular posts from this blog

Makna Kemerdekaan Timor Leste Bagi West Papua

Oleh Vicktor Yeimo Tanggal 28 November 2015, Timor Leste akan merayakan hari Proklamasi kemerdekaanya ke-40, setelah mereka berjuang melepaskan diri dari kolonialisme Portugal dan Indonesia. Sementara, West Papua yang masih dijajah penguasa Indonesia akan memperingati hari manifesto politiknya yang ke 54, pada 1 Desember 2015. Timor Leste dan West Papua adalah dua wilayah yang dianeksasi oleh nafsu ekspansionisme Indonesia. Setelah Timor Leste berhasil mengusir kolonialisme Indonesia tahun 1999 melalui referendum, terbilang 16 tahun mereka membangun bangsa dan negaranya. Apa sebenarnya yang patus dipelajari, dimaknai dan diperjuangkan oleh bangsa Papua saat ini dari Timor Leste? Pertama, pengalaman perjuangan mengusir kolonial. Timor Leste memiliki nasionalisme ideologis yang menjadi roh bagi perjuangan melawan kolonialisme Indonesia. Itulah yang melandasi jiwa raga mereka dalam merebut kemerdekaannya. Itulah yang membuat mereka sulit dirayu dengan seribu satu program kolonialis...

KRONOLOGI LENGKAP MEY DAY Dan 56 Tahun Aneksasi West Papua

Sumber: Grup Facebook (Koran Kejora) Yogyakarta (1/5) Penghadangan, Represi, Pemukulan, dan Perusakan oleh aparat Kepolisian Resor Kota Yogya karta terhadap massa aksi KAMRAT (Komite Aksi Mayday untuk Rakyat) dalam memperingati Hari Buruh Internasional dan 56 Tahun Aneksasi West Papua. Pukul 07.00 WIB, massa aksi berkumpul di titik kumpul (Asrama Kamasan) mempersiapkan perlengkapan aksi. Pukul 09.45 WIB, Massa Aksi bersiap, berbaris keluar Kamasan, Long March menuju Titik Nol KM. Pukul 10.00 WIB, Kapolresta Yogyakarta, Armaini, menghalangi massa aksi bergerak ke Titik Nol, dengan alasan ada massa tandingan dari ormas Paksi Katon dan FJR. Kapolres bersikeras agar Massa Aksi KAMRAT berpindah lokasi aksi. Pukul 10.10 WIB, Negosiator, Korlap Aksi dan pendamping hukum dari LBH Yogyakarta melakukan perundingan dengan Kapolres agar Massa Aksi tetap bisa bergerak menuju Titik Nol KM. Pukul 11.00 WIB, Perundingan berjalan alot dan akhirnya massa aksi berkompromi dan akan be...

JALAN RAYAH PAPUA MERDEKA NABIRE PAPUA

Oleh: Cerpen Abed JALAN RAYAH PAPUA MERDEKA NABIRE PAPUA. *jalan merdeka.? jalan rayah, jalan merderka kota nabire papua sangat ironisnya hanya mengatas namakan jalan besar menjadi jalan papua merdeka. Inspirasi yang sangat jitualisme dan sangat loyalitas sebab ada akibat, tidak ada pertanyaan bagi setiap orang atau masyarakat MEPAGO untuk jalan rayah papua merdeka ini karenakan, 24 jam selalu otomatisme eksistensi naik turung ramai dan,  semua orang heppy. Hingga itu saya duduk di sampin jalan rayah papua berdeka nabire papua. Tiba-tiba ada 1 orang tua lewat depana mata saya lalu, saya panggil dan saya tanyakan dia hallo papak tua saya mau tanya ini io anak bagaimana, kata saya begini pak," jalan rayah papua berdeka ini kapan orang2 karismatik mereka mengatas namakan jalan rayah ini" kata papak tua dua, io anak jalan rayah papua merdeka nabire ini, termasuk saya kita menamakan jalan ini, jadi jalan rayah papua merdeka terus dan hingga hari ini masi ada berlaku mengata...