Skip to main content

manusia anggap manusia lain tidak setara

Masih tentang dehumanisasi, . Pada kasus Lukas Enembe dan Pemuda Korban Penyiksaan dengan Ular, selain diskriminasi rasial oleh kolonial, berlaku juga diskiminasi sosial. Dilakukan orang Papua yang bersolidaritas berdasarkan kategori sosial.

Kalau Lukas Enembe itu seorang pemuda biasa yang dililiti ular/disiska  oleh Polisi; atau kalau LE itu salah satu warga Nduga yang disiksa, lari mengungsi, atau mati terkapar peluru kolonial (seperti Pdt.Gemin Nirigi di Mapnduma), akankah ada solidaritas ribuan rakyat duduki kantor Gubernur Papua? Disinilah berlaku dehumanisasi -diskriminasi sosial.

Ini penyakit warisan kapitalis-kolonial yang hinggapi ruang kesadaran manusia Papua. Kapitalisme adalah aktor yang mengkategorikan manusia berdasarkan kelas sosial. Hegemoni kapitalis itu pintar "memanusiakan" kelas penguasa/penindas, dan "membinatangkan" kelas tertindas. Mahluk ini bisa buat kita membela kejahatan seperti slogan "NKRI harga mati", dan membunuh kebenaran seperti slogan "separatisme musuh negara".

Memang Karl Marx bilang ekonomi pangkal kesadaran, yang oleh Antonio Gramski mengurainya dalam teori hegemoni kelas. Kebenaran milik penguasa, sebagai ukuran menilai harga diri dan martabat manusia. Adalah objektif dan wajar diperjuangkan oleh manusia Papua yang ada dalam "kandang babi" kekuasaan kolonial Indonesia.

Tapi tidak merubah status sebagai "babi peliharaan" dalam kolonial yang sedang mencari keadilan sambil tunggu waktu sembeli oleh pemilik kolonial. Artinya, makna pencarian keadilan itu benar, agar nafsu makan dan minum dalam kandang itu tetap terjaga dan jangan diganggu. Tapi fakta perburuan "babi liar" di rimba Ndugama adalah kejahatan kemanusiaan yang harus dibela. Itulah perjuangan memanusikan manusia Papua yang dipandang setengah binatang.

Kolonialisme dan kapitalisme itu perusak kesetaraan manusia. Yang memperkaya segelintir manusia dan memiskinkan banyak manusia lain. Yang menindas manusia lain demi uang, jabatan dan kehormatan segelintir manusia. Penghormatan pada nilai kemanusiaan itu relatif, tergantung kepentingan dan nafsunya. Seperti Amerika Serikat yang sedang menjatuhkan kepemimpinan sosialisme Maduro di Venezuela atas nama HAM dan Demokrasi.

Seperti skenario propaganda kolonial Indonesia yang mengalihkan opini dan pantauan rakyat Papua dan dunia internasional terhadap kejahatan operasi militer besar-besaran yang sedang berlangsung di Nduga. Budaya pura-pura, budaya pencuri, penipu, budaya adu-domba atas nama suku dan golongan itu budaya kolonial.

Biarlah Papua tetap utuh dan setara! agar one people one soul tetap bersemayam dalam sanubari. Menjadi cita dan cinta yang harus diperjuangkan tanpa dikotomi identitas, dan kategori sosial. Tetapi kalau Akut Sorong diinterogasi dengan ular tidak perlu dibela! titik!

colek Neppy Way dan Julian Haganah
Oleh : Kamrade Viktor

Comments

Popular posts from this blog

Makna Kemerdekaan Timor Leste Bagi West Papua

Oleh Vicktor Yeimo Tanggal 28 November 2015, Timor Leste akan merayakan hari Proklamasi kemerdekaanya ke-40, setelah mereka berjuang melepaskan diri dari kolonialisme Portugal dan Indonesia. Sementara, West Papua yang masih dijajah penguasa Indonesia akan memperingati hari manifesto politiknya yang ke 54, pada 1 Desember 2015. Timor Leste dan West Papua adalah dua wilayah yang dianeksasi oleh nafsu ekspansionisme Indonesia. Setelah Timor Leste berhasil mengusir kolonialisme Indonesia tahun 1999 melalui referendum, terbilang 16 tahun mereka membangun bangsa dan negaranya. Apa sebenarnya yang patus dipelajari, dimaknai dan diperjuangkan oleh bangsa Papua saat ini dari Timor Leste? Pertama, pengalaman perjuangan mengusir kolonial. Timor Leste memiliki nasionalisme ideologis yang menjadi roh bagi perjuangan melawan kolonialisme Indonesia. Itulah yang melandasi jiwa raga mereka dalam merebut kemerdekaannya. Itulah yang membuat mereka sulit dirayu dengan seribu satu program kolonialis...

KRONOLOGI LENGKAP MEY DAY Dan 56 Tahun Aneksasi West Papua

Sumber: Grup Facebook (Koran Kejora) Yogyakarta (1/5) Penghadangan, Represi, Pemukulan, dan Perusakan oleh aparat Kepolisian Resor Kota Yogya karta terhadap massa aksi KAMRAT (Komite Aksi Mayday untuk Rakyat) dalam memperingati Hari Buruh Internasional dan 56 Tahun Aneksasi West Papua. Pukul 07.00 WIB, massa aksi berkumpul di titik kumpul (Asrama Kamasan) mempersiapkan perlengkapan aksi. Pukul 09.45 WIB, Massa Aksi bersiap, berbaris keluar Kamasan, Long March menuju Titik Nol KM. Pukul 10.00 WIB, Kapolresta Yogyakarta, Armaini, menghalangi massa aksi bergerak ke Titik Nol, dengan alasan ada massa tandingan dari ormas Paksi Katon dan FJR. Kapolres bersikeras agar Massa Aksi KAMRAT berpindah lokasi aksi. Pukul 10.10 WIB, Negosiator, Korlap Aksi dan pendamping hukum dari LBH Yogyakarta melakukan perundingan dengan Kapolres agar Massa Aksi tetap bisa bergerak menuju Titik Nol KM. Pukul 11.00 WIB, Perundingan berjalan alot dan akhirnya massa aksi berkompromi dan akan be...

JALAN RAYAH PAPUA MERDEKA NABIRE PAPUA

Oleh: Cerpen Abed JALAN RAYAH PAPUA MERDEKA NABIRE PAPUA. *jalan merdeka.? jalan rayah, jalan merderka kota nabire papua sangat ironisnya hanya mengatas namakan jalan besar menjadi jalan papua merdeka. Inspirasi yang sangat jitualisme dan sangat loyalitas sebab ada akibat, tidak ada pertanyaan bagi setiap orang atau masyarakat MEPAGO untuk jalan rayah papua merdeka ini karenakan, 24 jam selalu otomatisme eksistensi naik turung ramai dan,  semua orang heppy. Hingga itu saya duduk di sampin jalan rayah papua berdeka nabire papua. Tiba-tiba ada 1 orang tua lewat depana mata saya lalu, saya panggil dan saya tanyakan dia hallo papak tua saya mau tanya ini io anak bagaimana, kata saya begini pak," jalan rayah papua berdeka ini kapan orang2 karismatik mereka mengatas namakan jalan rayah ini" kata papak tua dua, io anak jalan rayah papua merdeka nabire ini, termasuk saya kita menamakan jalan ini, jadi jalan rayah papua merdeka terus dan hingga hari ini masi ada berlaku mengata...